Apa itu SLOC?

SLOC adalah singkatan dari “Small Local Open & Connected”, sebuah konsep gaya hidup baru yang telah menyebar di Eropa sejak sekitar tahun 2010.

Today, the small can be influential on a large scale, as it acts as a node in a global network. The local can break its isolation by being open to the global flow of people, ideas and information. In other words, we can say that today, in the networked society, the small is no longer small and the local is no longer local. The small and the local, when they are open and connected, can therefore become a design guideline for creating resilient systems and sustainable qualities, and a positive feedback loop between these systems.

~Ezio Manzini

Bayangkan sebuah sistem lokal yang kecil, Ketika mereka terbuka dan terhubung, dapat menjadi pedoman desain untuk menciptakan sistem yang berketahanan dan kualitas yang berkelanjutan, dan menjadi umpan balik positif antara sistem-sistem ini, yang bersifat ekologis dan berkelanjutan dalam hal energi bersih dan pangan sehat.

Dari perspektif energi dan pangan, produksi massal dan konsumsi massal yang terpusat dan kuno menyebabkan terlalu banyak kerugian dan beban terhadap lingkungan, sehingga kita memerlukan perubahan paradigma dalam cara hidup kita untuk menciptakan Masyarakat yang berkelanjutan.

Desa-desa SLOC akan dibangun di level Masyarakat bawah, dengan warga yang berakal sehat dan sadar disetiap daerah, dan pemerintah daerah akan mendukung mereka dengan sepenuh hati sebagai “pelayan rakyat” guna menciptakan Masyarakat yang damai dan sejahtera.

目次